Header Ads

IIMS Infinite Live

Disambut Meriah, Program Studi MICE PNJ Sukses Gelar Singkat Berbudaya 2024

 

Program Studi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibiton (MICE) Politeknik Negeri Jakarta sukses menggelar acara tahunan, yaitu Singkat Berbudaya 2024. Acara ini merupakan festival budaya yang menampilkan tradisi dari budaya Betawi dan Sunda. Festival ini bukan hanya sebagai hiburan semata, namun juga sukses memukau pengunjung dengan pertunjukan seni, karya seni, dan sajian kuliner yang beragam.

Acara ini berlangsung selama dua hari, pada hari pertama Singkat Berbudaya mempersembahkan budaya Betawi dengan menghadirkan pawai ondel-ondel, prosesi penyambutan khas Betawi yaitu Palang Pintu, dan dilanjutkan dengan pemotongan pita yang diselenggarakan di Setu Babakan, Jakarta Selatan, pada Sabtu (20/1). Pada hari kedua, Singkat Budaya sukses memikat pengunjung dengan kekayaan budaya Betawi. Acara ini dilanjutkan dengan memamerkan budaya Sunda yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Depok, Sabtu (27/1) dengan memperkenalkan budaya Sunda seperti upacara adat Ki Lengser dan Ikatan Keluarga Abang Mpok. Selain itu, ada juga penampilan 50 penari dari Bakoel Budaya, pasanggiri tari tradisional, pupuh, eneng entong cilik, bazaar kuliner, dan kreativitas lokal menjadikan Singkat Berbudaya 2024 sebagai destinasi unggulan di akhir pekan.

Selain itu, Singkat Berbudaya 2024 juga mempersembahkan sejumlah lomba yang membuat acara ini semakin menarik untuk dikunjungi. Adapun jenis lombanya, yaitu Lomba Bir Pletok, Lomba Abang None Cilik, Lomba Mewarnai dan Lomba Tari Tradisional Betawi. Tidak cukup sampai disitu, kegiatan ini juga menghadirkan penampilan musik Gambang Kromong dan sketsa Lenong yang sukses menghibur pengunjung.

Singkat Berbudaya pun berakhir dengan meninggalkan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua yang hadir. Festival budaya ini menjadi bukti nyata bahwa pentingnya pelestarian dan apresiasi budaya dalam memperkokoh persatuan dan pemahaman di masyarakat kita.



Penulis: Azizah Soffa Marwah

Editor: Nadira Sari Rahmani