Header Ads

IIMS Infinite Live

Inilah Manfaat Rutin Berjalan Kaki Selama 1 Jam Setiap Hari

 


Berolahraga secara rutin selama 150 menit dalam seminggu dapat mendukung kesehatan tubuh. Jika ingin mencapai angka tersebut, maka Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap lima kali seminggu. Hal ini bisa memenuhi kebutuhan waktu olahraga untuk mendukung kesehatan tubuh secara optimal.

Dilansir dari WebMD, berjalan kaki dengan kecepatan yang lebih tinggi selama satu jam dapat meningkatkan usia harapan hidup hingga dua jam. Selain itu, ada manfaat lainnya yang akan didapatkan.

Adapun beberapa manfaat dari berjalan kaki selama 1 jam setiap hari, sebagai berikut:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh 

Berjalan kaki secara rutin dapat meningkatkan produksi sel imun yang dapat membantu untuk melawan patogen (kuman) di dalam tubuh. Diketahui, hal ini bisa menurunkan risiko sakit hingga 43 persen.

2. Melancarkan sirkulasi darah 

Dengan berjalan kaki, Anda bisa meningkatkan irama denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Kondisi ini bisa membantu melancarkan aliran darah, kesehatan jantung, dan menurunkan risiko stroke.

3. Meningkatkan kesehatan mental 

Jalan kaki yang hanya dilakukan selama 30 menit setiap hari sudah terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, rutin berjalan kaki juga bisa mengurangi gejala depresi yang ringan hingga sedang.

4. Meningkatkan kualitas tidur 

Dengan rutin berjalan kaki selama 1 jam, Anda bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari, bahkan bisa memperpanjang durasi tidur dengan mengurangi rasa sakit dan stres sehingga tidak akan mudah terbangun di malam hari.

5. Menurunkan risiko Alzheimer 

Menurut salah satu penelitian, berjalan kaki setiap hari memiliki risiko demensia dan Alzheimer yang lebih kecil. Pasalnya, jalan kaki akan menyehatkan jantung sehingga terhindar dari penyakit neurodegeneratif.

6. Melancarkan pencernaan

Berjalan kaki secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pasalnya, jalan kaki yang dilakukan melibatkan penggunaan otot inti dan otot perut sehingga mendorong pergerakan di sistem pencernaan.

Itulah tadi beberapa manfaat luar biasa dari berjalan kaki selama 1 jam setiap hari. Walaupun olahraganya terlihat sederhana, ternyata bisa bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh. Sobat kreatif, yuk mulai membiasakan diri untuk berjalan kaki!

 


Penulis: Meisya Aulia Amanda

Editor: Azizah Soffa Marwah